11 November, 2007

Industri Tekstil Indonesia Bisa Bangkit Lagi Dengan "E-Business"

Industri Tekstil Indonesia Bisa Bangkit Lagi Dengan "E-Business"
(Kompas.co.id)

Industri tekstil di Indonesia yang saat ini mengalami krisis sebenarnya dapat ditolong dengan penggunaan e-Business, seperti yang saat ini dilakukan industri tekstil di India. Penggunaan e-Business dalam sektor ini mampu mendongkrak pendapatan pengusaha hingga 20 persen.

Kenaikan keuntungan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan oleh si pengusaha untuk membeli aplikasi e-Business.

Demikian dikatakan Senior Vice President of Development Oracle Thomas Kurian dalam jumpa pers di Shanghai, Rabu (21/7).

Menurut Thomas Kurian, sebenarnya semua sektor bisa mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan e-Business. Hal itu karena e-Business bisa meningkatkan efisiensi bagi setiap industri untuk meningkatkan daya saing.

"Kami percaya, dengan pemanfaatan e-Business, sebuah perusahaan akan menjadi lebih baik karena membuat segalanya menjadi sederhana. Misalnya, industri yang ada di Indonesia dapat menentukan teknologi yang tepat, mengubah proses produksi yang lebih efisien, atau membuat transaksi lebih baik," ujar Kurian, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Buyung Wijaya Kusuma, dari Shanghai, Rabu.

Sementara itu, Director Lakshmi Machine Works Ltd (LMW) Sanjay Jayavarthanavelu pada salah satu sesi dalam Oracle OpenWorld Shanghai mengatakan, setelah memanfaatkan aplikasi Oracle e-Business Suite, perusahaannya berhasil meningkatkan pendapatan tahun 2003 hingga 20 persen. Pemanfaatan e-Business telah meningkatkan kinerja perusahaan secara nyata.

"LMW telah menemukan manfaat sesungguhnya dari implementasi program yang ditawarkan oleh Oracle. Automasi dari proses yang berhubungan dengan keuangan dan peningkatan efisiensi dalam pabrik kami telah membantu perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan," ujar Sanjay.

LMW adalah salah satu industri tekstil di India yang didirikan 1962, yang secara komplet memanfaatkan e-Business untuk menghadapi persaingan dengan efektif dalam persaingan global dan harga yang makin ketat.

Perusahaan ini dengan e-Business berupaya lebih bertanggung jawab terhadap konsumen, pengawasan biaya, pengambilan keputusan yang tepat, dan lebih efisien.

Tidak ada komentar: